Beasiswa Sistem Pendidikan Tinggi

Beasiswa Pendidikan Tinggi Beasiswa Sistem Pendidikan Tinggi Beasiswa Sistem Pendidikan Tinggi Beasiswa

Beasiswa Pendidikan Tinggi

Beasiswa Pendidikan Tinggi~  Wujud semakin menyempitnya kesenjangan ekonomi yang terjadi dalam dunia pendidikan khususnya pada perkuliahan semakin terbukti dengan semakin maraknya beasiswa yang diberikan kepada mahasiswanya dengan secara tidak cuma-cuma.

Sebut saja salah satu program beasiswa yang diberikan ialah Bidik Misi, beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa yang memiliki potensi dan tergolong pada kondisi ekonomi yang terbilang kurang mampu. Beasiswa tersebut resmi diluncurkan pada tahun 2010.

Dengan beasiswa tersebut mahasiswa akan dapat kuliah dengan lancar tanpa harus memikirkan hal yang mengganjal mengenai keuangan untuk kuliahnya. Apalagi ada tunjangan hidup yang diberikan kepada mahasiswa penerima beasiswa yang berkisar antara RP. 600.000,00 ,- tiap bulannya.

Akan tetapi pada saat ini yang kebanyakan perguruan tinggi negri saja yang mendapat beasiswa, dengan semakin meningkatnya reputasi yang dimiliki oleh perguruan tinggi swasta membuat perguruan tinggi tersebut memiliki hak untuk memberikan kewajibannya kepada mahasiswa berpotensi yang kurang mampu lewat beasiswa tersebut.

Telisik saja salah satu Universitas terbaik di Surabaya yaitu Universitas Airlangga memberikan kuota untuk beasiswa tersebut dengan kuota yang terbilang fantastik yaitu mencapai dua ribu.

Hal ini diadakan mengingat semakin sulitnya lulusan SMA sederajat melanjutkan kembali untuk kuliah. Tujuan bantuan beasiswa sendiri ialah sebagai suatu bantuan bagi penerima hak yang dianggap mampu memberikan sumbangsih yang positif kelak untuk negara ini.

Akan tetapi kita mungkin sedikit lupa dengan tujuan dari pemberian beasiswa tersebut, sehingga kita menjadi meremehkan apa yang telah menjadi kewajiban kita yaitu dengan belajar yang segiat-giatnya dan melakukn perubahan yang besar kearah yang lebih positif.

Dalam pemberian beasiswa sendiri juga memiliki jenis-jenis tersendiri dan dalam bentuk berbagai program. Adapun macam-macam beasiswa yang ada pada perguruan tinggi, sebagai berikut:

  1. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPP) Dalam Negeri
  2. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPP) Luar Negeri
  3. Beasiswa Tanpa Gelar (non-degree) Dalam Negeri
  4. Beasiswa Tanpa Gelar (non-degree) Luar Negeri

Program beasiswa Dikti lebih memfokuskan pada peningkatan kapasitas dan kualitas SDM sesuai juga dengan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Adapun tujuan pemberian beasiswa:

  1. Memberi kesempatan kepada dosen dan calon dosen serta tenaga kependidikan Perguruan Tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  2. Meningkatkan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi Indonesia yang berkualitas dan memperoleh pengakuan internasional .
  3. Meningkatkan peran dosen dan tenaga kependidikan dalam rangka peningkatan mutu Perguruan Tinggi di Indonesia.

Demikian artikel yang berisi tentang Beasiswa Perguruan Tinggi, Macam-Macam Beasiswa Perguruan Tinggi, Pengembangan Perguruan Tinggi, Tujuan Pemberian Beasiswa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Artikel Yang Terkait:

Incoming search terms:
Beasiswa Sistem Pendidikan Tinggi | admin | 4.5

Leave a Reply