Buku Pendidikan Karakter

Buku Pendidikan Karakter Buku Pendidikan Karakter Buku Pendidikan Karakter Buku Pendidikan Karakter

Buku Pendidikan Karakter

Buku Pendidikan Karakter~ Dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dalam pendidikan, tentu saja dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang utama dan yang paling umum ialah buku.

Buku sebagai media pembelajaran dalam pendidikan sangat bermanfaat dalam mengantarkan para peserta didik menuju wawasan yang lebih jauh dan luas. Tak terkecuali dalam pendidikan karakter.

Sudah menjadi perbincangan dikalangan para tenaga pendidik beserta komponen pendidikan yang lainnya bahwa pada tanggal 2 Mei 2010 bapak presiden kita Susilo Bambang Yudoyono menetapkan tanggal tersebut ke dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional.

Hal tersebut diiringi dengan semakin gencar-gencarnya pemerintah mencanangkan wajib belajar 19 tahun. Hal tersebut dapat diharapkan sebagai sarana penunjang untuk meningkatkan taraf keidupan bangsa kita, serta sesuai dengan tujuan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan pelaksanaan pendidikan tentu saja membutuhkan sebuah media yang pada awl paragraf telah disampaikan bahwa buku merupakan media nomor satu yang harus dimiliki oleh setiap lembaga penddikan terutama peserta didik. Akan tetapi dengan kondisi ekonomi buruk yang dialami oleh kebanyakan peserta didik, memngakibatkan tidak semua peserta didik emiliki buku sebagai bahan acuan belajar.

Akan tetapi setelah ditetapkannya hari pendidikan nasional tersebut, pemerintah juga mengeluarkan buku elektronik sekolah atau BSE sebagai sarana penunjang belajar, buku tersebut dapat dijangkau oleh setiap kalangan mengingat harganya yang terjangkau dan juga sudah memenuhi standart isi yang dibutuhkan oleh peserta didik.

Kerusakan moral yang diakibatakan dengan semakin gencarnya arus globalisasi yang berdampak buruk bagi anak bangsa, sudah semestinya menjadi sebuah perhaian khusus bagi setiap golongan. Dengan artian masalah tersebut tidak hanya menjadi urusan pemerintah saja tetapi juga masyarakat yang ikut merasakan dampak dari arus globalisasi tersebut.

Apa dan bagaimana sebenarnya pendidikan karakter tersebut? Semuanya dapat disimak dalam buku yang bertemakan pendidikan karakter. Tujuan dari buku pendidikan karakter tak lain ialah memberika pedoman kepada khalayak bagaimana cara dan sika seseorang yang telah memiliki karakter yang baik dan berpendidikan.

Dalam pendidikan karakter sendiri juga telah memberikan berbagai wawasan yang luas mengenai moral bangsa kita. Perbaikan rusaknya moral bangsa dapat diperbaiki melalui pendidikan karakter yang menanamkan nilai-nilai moral pancasila dan menanamkan sifat akan takut Tuhan YME akan menjadikan setiap anak bangsa berperilaku baik dan menjadiakn setiap anak didik memiliki kualitas yang baik.

Dari sinilah kita ketahui bahwa pendidikan karakter yang tujuan utamanya ialah membentuk karakter anak bangsa yang yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.

Sehingga pendidikan karakter sendiri memiliki fungsi utamanya yaitumengembangkan potensi dasar peserta didik, baik dalam berpikir maupun berperilaku dalam masyarakat selain itu pendidikan karakter berfungsi sebagai peningkat peradaban bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia.

Pendidikan karakter sendiri memiliki ciri-ciri dasar yang diungkapkan oleh ahli pendidikan yang berasal dari Jerman yaitu FW Foerster, ia mengungkapkan bahwa ciri utma dari pendidikan karakter ialah suatu pendidikan yang menekan setiap tindakan peserta didik berpedoman terhadap nilai normatif. Anak didik menghormati norma-norma yang ada dan berpedoman pada norma tersebut. Selain itu peserta didik akan memiliki suatu sikap yang tegus serta setia atas komitmen yang nantinya akan dipilih.

Demikian artikel yang mebahas mengenai Buku Pendidikan Karakter, Faktor Pendidikan Karakter, Fungsi Pendidikan Karakter. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan acuan refrensi anda.

Artikel Yang Terkait:

Incoming search terms:
Buku Pendidikan Karakter | admin | 4.5

Leave a Reply