Deskripsi Motivasi Mahasiswa Akademi Kebidanan

Contoh Tesis~ Deskripsi  Motivasi Mahasiswa  Akademi Kebidanan

Kebidanan Deskripsi  Motivasi Mahasiswa  Akademi Kebidanan Deskripsi  Motivasi Mahasiswa  Akademi Kebidanan Kebidanan2

Latar Belakang Masalah

Motivasi diartikan sebagai suatu kebutuhan atau keinginan seseorang untuk mendapatkan sesuatu dan mengarahkan seluruh kegiatan untuk mencapai suatu tujuan. Seperti dikemukakan Atkinson (1993 : 85) adalah faktor –faktor yang menguatkan perilaku dan memberikan arahannya. Selain menguatkan motivasi cenderung mengarahkan perilaku orang yang lapar dimotivasi untuk mencari makanan, orang haus untuk minum, orang yang sakit untuk melepaskan diri dari ransangan yang menyakitkan (Sardiman A, 2007 : 72)

Dalam kegiatan belajar motivasi merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan  kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar untuk mencapai tujuan. Motivasi belajar adalah merupakan factor psikis yang bersifat non intelektual yang mempunyai peranan menumbuhkan gairah, merasa senang dan semangat untuk belajar.  Siswa dengan motivasi yang kuat akan mempunyai banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar (Sardiman A, 2007 : 73 )

Perumusan Masalah

  1. Bagaimana motivasi mahasiswa Akademi Kebidanan Pamenang mengikuti kuliah ?
  2. Bagaimana prestasi belajar mereka ?
  3. Bagaimana  hubungan  antara motivasi dengan prestasi  di Akademi Kebidanan Pamenang  ?

Tujuan Penelitian

1.  Tujuan Umum :

Untuk mendeskripsikan motivasi  mahasiswa  Akademi Kebidanan Pamenang selama mengikuti kuliah.

2.  Tujuan Khusus :

a.  Untuk mengetahui motivasi  dan latar belakang motivasi  mahasiswa Akademi Kebidanan mengikuti kuliah.

b.  Untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa dan  usaha mahasiswa dalam mencapai prestasi.

c.  Untuk mengetahui bagaimanakah  hubungan  antara  motivasi  dengan  prestasi mahasiswa Akademi Kebidanan Pamenang.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisa penelitian tentang Motivasi Mahasiswa Kebidanan yang dilakukan terhadap mahasiswa yang berprestasi dan yang kurang berprestasi tingkat I, II dan III di Akademi Kebidanan Pamenang dengan teknik Kategorisasi dan komparasi, maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Motivasi mahasiswa untuk mengikuti kuliah dapat timbul dari diri individu (instrinsik) yang ditandai dengan adanya hasrat untuk belajar dan berprestasi tanpa adanya ransangan luar, namun dapat juga karena faktor ekstrinsik yaitu perasaan ingin membahagiakan orang tua. Faktor ekstrinsik dari mtivasi mahasiswa  berasal dari lingkungan keluarga maupun kondisi lingkungan sosial dimana mahasiswa itu tinggal
  2. Mahasiswa yang berprestasi semuanya memiliki motivasi yang tinggi, baik berasal dari dalam dirinya maupun karena pengaruh dari luar. Sedangkan mahasiswa yang kurang berprestasi memiliki motivasi yang cukup baik dari dalam dirinya maupun karena pengaruh dari luar.
  3. Terdapat kecenderungan  hubungan  antara motivasi dengan prestasi, hal ini terbukti dengan adanya prestasi yang dicapai oleh mahasiswa yang memiliki motivasi yang kuat  dibandingkan mahasiswa yang memiliki motivasi lebih rendah.
Incoming search terms:
Deskripsi Motivasi Mahasiswa Akademi Kebidanan | admin | 4.5

Leave a Reply