Kebijakan UKT Pendidikan Tinggi Yang Semakin Memadai

Pendidikan Tinggi Kebijakan UKT Pendidikan Tinggi Yang Semakin Memadai Kebijakan UKT Pendidikan Tinggi Yang Semakin Memadai   Pendidikan tinggiPendidikan Tinggi~ Sumber daya alam yang secara perkembangan jaman dituntut untuk lebih baik untuk menanggapi adanya oersaingan global pada abad 21 ini. Tentu saja dalam persaingan global tersebut sumber daya manusia yang ada dituntut memiliki kualitas yang dapat dikatakan jauh melebihi rata-rata standart yang telah ditentukan.

Berbicara masalah pendidikan, tentu saja kita akan mengenal banyak sekali kegiatan yang pada dasarnya memiliki tujuan mengembangkan pribadi masing-masing seseorang . dalam pendidikan hal utama yang sering kita lakukan adalah belajar, jika dahulu belajar hanya sebatas dengan menggunakan buku sebagai sumber dari ilmu pengetahuan pada zaman yang serba modern ini teknologi pun masuk kedalam dunia pendidikan.

Teknologi yang seringkali digunakan dalam dunia pendidikan ada umumnya adalah ineternet. Coba ingat-ingat kembali ketika kita akan mendaftar pada sebuah sekolah, perguruan tinggi atau pendidikan lainnya, lembaga tersebut memperuntukkan calon siswa atau mahasiswa mendaftar melalui internet atau yang lebih sering disebut dengan pendaftaran online.

Sebut saja beberapa tahun belakangan ini dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi menggunakan teknologi tersebut dalam kegiatan primernya. Milai dari pendaftaran, pemberian tugas, pengumpulan tugas dan yang lainnya. Dari kegiatan yang dilakukan oleh pendidikan tinggi tentu saja berdasarkan kebijakan yang telah ditentukan sebelumnya.

Berbicara masalah kebijakan sebenarnya dunia peendidikan khsusunya pendidikan tinggi telah mencanangkan berbagai kebijakan sebagai acuan pelaksanaan kegiatan yang ada dalam pendidikan tersebut. Misalnya saja pada uang kuliah tungal yang ada pendidikan tinggi yang mengikuti perkembangan zaman sudah semakin memadai.

Mengapa dikatakan dmeikian ? karena dalam pendidikan tinggi uang kuliah tunggal atau UKT elah disesuaikan berdasarkan kondisi ekonomi mahasiswa yang ada pada perguruan tinggi, khsusunya yang saat ini sedang marak adalah beasiswa Bidik Misi untuk akedemisi yang kurang mampu. Dari sini disadari bahwa pemerintah pun telah menyadari pentingnya pendidikan tinggi tidak hanya untuk mereka yang memiliki ekonomi atas tapi juga untuk mereka yang memiliki ekonomi bawah.

Dalam kebijakan UKT yang telah berlaku pada dasarnya telah ditentukan pada awal masuk perkuliahan sampai dengan kelulusan mahasiswa tersebut. Akan tetapi kini kebijakan UKT yang ada pada perguruan tinggi lebih memadai. Mahasiswa yang masuk dalam perguruan tinggi telah memiliki ketentuan UKTnya pada awal masuk, akan tetapi ketika ditengan jalan kondisi ekonomi mahasiswa tersebut menurun, akan diadakan pengajuan persyaratan pengurangan UKT dengan syarat yang telah ditentukan.

Adapun maksud dari syarat yang telah ditentukan tadi adalah mengajukan permohonan ke pihak kampus. Dewan kampus dengan izin Dikti akan mengatur ulang mekanisme perubahan bagi mahasiswa yang mengalami kondisi seperti itu. Namun perguruan tinggi diberikan kebebasan untuk membuat mekanisme sendiri mengenai perubahan UKT jika ada perubahan ekonomi dari mahasiswanya.

Jika masih belum ada respon positif yang ditunjukkan oleh perguruan tinggi, mahasiswa dapat emngirimkan surat permohonan pada Dikti Kemdikbud yang pada ahirnya Dikti akan memberikan rekomendasi nama mahasiswa tersebut ke Pembantu Rektor II di perguruan tinggi bersangkutan. Di setia program studi perguruan tinggi negeri mahasiswa dapat membayar UKT sebesar 0- Rp 500.000,00 ,-.

Demikian artikel yang membahas kebijakan Pendidikan Tinggi, Kebijakan Uang Kuliah Tunggal, Ketentuan Ditjen Pendidikan Tinggi. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu memberikan wawasan yang luas untuk Anda.

Artikel yang Terkait:

Incoming search terms:
Kebijakan UKT Pendidikan Tinggi Yang Semakin Memadai | admin | 4.5

Leave a Reply