Kesehatan reproduksi Remaja

Penyimpangan Seks Remaja~ Kesehatan reproduksi Remaja sebagai Bentuk Pendidikan Seks Remaja

Perilaku Remaja Kesehatan reproduksi Remaja Kesehatan reproduksi Remaja Perilaku RemajaRemaja merupakan salah satu masa yang paling menyenangkan yang ada dalam tiap kehidupan seseorang. Mengapa demikian ? tentu saja hal tersebut tidak lagi sebatas menyenangkan akan tetapi sangat mengesankan, karena pada saat remaja merupakan masa yang dianggap mampu meneria segala pengetahuan serta dapat melakukan hal-hal yang sangat efisien.

Akan tetapi dengan segala keinginan tahunya, dengan segala keatifitasannya dapat menimbulkan pengaruh yang sangat negatif jika pada masa perkembangan tidak dilakukan sosialisasi yang sempurna dari lingkungan dimana ia tinggal.

Lingkungan sosial yang paling primer yang selalu ingin dilepaskan oleh remaja adalah keluarganya. Pada saat masa remaja, seseoarang akan cenderung menolak semua nasihat dan perintah yang telah diberikan kepada orang tuanya. Ia menganggap bahwa orang tua selalu membatasi segala gerak-gerik yang ingin ia lakukan.

Hal tersebut tidak dapat dipungkiri, dengan mengingat bahwa psikologis yang terjadi pada remaja cenderung sangat berbeda dengan kedua orangtuanya. Sehingga keluarga yang dianggap sebagai agen sosial juga harus membentuk suatu sosialisasi yang sempurna antara anak dan orang tua.

Sehingga dalam pencegahan tindakan penyimpangan yang umum dilakukan oleh remaja dapat dilaksanakan dengan optimal. Selain itu pendidikan yang diajarkan oleh remaja tidak hanya pendidikan yang bersifat akademis umum, akan tetapi juga harus bersifat lebih intim dalam artian memberikan pengarahan kepada remaja tentang apa saja yang ada pada dirinya.

Berbicara masalah pendidikan pada remaja, pada saat ini lebih banyak disosialisasikan kesehatan reproduksi remaja. Mengapa seperti itu ? lihat saja maraknya kasus pembunuhan bayi hasil hamil diluar nikah para remaja, sempat membuat heboh dunia pendidikan.

Remaja yang melakukan hubungan seks pada saat remaja cenederung tidak mengerti dengan benar apa arti dari kesehatan reprodusi tersebut. Sehingga mereka dengan bebas dan dapat dibilang ngawur saat melakukan seks diluar nikah.

Pengertian Kesehatan Reproduksi Remaja

Kesehatan reproduksi remaja merupakan suatu kondsi yang terjadi pada remaja pada umumnya yang menyangkut segal sistem serta fungsi dari reproduksi. Kesehatan reproduksi pada remaja tidak menyangkut kesehatan organ yang ada pada dirinya akan tetapi juga menyangkut kesehatan yang ada pada mental remaja itu sendiri.

Pentinganya pendidikan tentang kesehatan remaja dialasankan pada sejumlah kasus yang pada saat ini sering menimpa para remaja, seperti usia pubertas yang relatif dini, hubungan pranikah dan aborsi, pengetahuan yang kurang akan penyakit menular seksual.

Pengertian Pendidikan Seks

Pendidikan seks merupakan suatu metode pendidikan yang digunakan untuk menanggulangai atau mengurangi penyalahgunaan seks bebas dikalangan remaja. Pendidikan seks bebas secara khusus diperuntukkan oleh remaja agar tidak terjadinya dampak-dampak yang tidak diinginkan.

Dampak-danpak tersebut dapat berupa penyakit menular seksual, depresis, merasa berdosa dan sebagainya. Dampak inilah yang akan dikurangi sejak dini, karena dampak tersebut dapat mengganggu mental atau sikap seseorang ketika menginjak usia dewasa.

Demikian artikel yang membahas mengenai Pendidikan Remaja, Pendidikan Seks, Pengertian Kesehatan Reproduksi, Perilaku Menyimpang Remaja. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu memeberikan wawasan yang luas untuk Anda.

Artikel yang terkait:

Incoming search terms:
Kesehatan reproduksi Remaja | admin | 4.5

Leave a Reply