Kurikulum 2013 Disesuaikan Dengan Paradigma Belajar Pada Abad 21

Paradigma Belajar Kurikulum 2013 Disesuaikan Dengan Paradigma Belajar Pada Abad 21 Kurikulum 2013 Disesuaikan Dengan Paradigma Belajar Pada Abad 21 belajar mengajar smpParadigma Belajar~ Pada dasarnya manusia yang hidup tentu saja dituntut untuk mampu berkembang dengan baik atas daya pikir, fisik, bahkan psikis yang ada dalam dirinya. Untuk mendapatkan suatu perkembangan yang optimal tentu saja dibutuhkan suatu pengetahuan dan ilmu yang nantinya akan mendasari terwujudnya hal tersebut.

Ilmu dan pengetahuan yang ada didapat dari sebuah pendidikan, oleh sebab itu tak heran jika saat ini pendidikan dengan gencar-gencarnya juga ikut mengembangkan metode, isi dan tujuan untuk mengahasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Tengok saja beberapa lalu, dunia pendidikan digemparkan dengan munculnya tema terbaru yang akan menghiasi dunia pendidikan tersebut. Yah, sebuah kurikulum baru akan mengiringi proses belajar mengajar.

Kurikulum 2013 yang notabenenya merupakan penerapan dari upaya untuk mengahsilkan suatu individu yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui berbagai pendekatan sikap yang spriritual. Hal tersebut didasarkan pada penyesuaian dengan tata cara belajar pada abad 21.

Dalam menghadapi persaingan global nanti akan diikuti oleh seluruh dunia, menjadi dasar antisipasi kurikulum 2013 dicanangkan. Adanya pergeseran paradigma yang disesuiakan sesuai kebutuhan abad 21 mulai dari ciri maupun model pembelajaran merupakan langkah awal terwujudnya kurikulum 2013.

Sehingga terbitnya kurikulum 2013 diharapkan mampu membentuk setiap peserta didik menjadi individu yang lebih baik dan cakap dalam berbagai ilmu pengetahuan. Dari kurikulum 2013 mereka akan dibiasakan bersikap dan bersifat produkti, inovatif, kreatif, dan tentu saja afektif.

Pengertian Belajar

Belajar merupakan salah satu sikap yang datangnya dari hati nurani serta kesadaran diri yang nantinya akan mendorong individu tersebut berkembang dengan yang lebih baik lagi. Pada proses belajar didapatkan suatu pengetahuan yang nantnya akan menjadi bekal dalam menjalani persolaan kehidupan.

Dalam belajar anak didik akan memperoleh suatu perubahan sikap yang didapat dari proses belajar tersebut. Karena pada dasarnya anak didik merupakan suatu individu yang lebih sering mencotoh dari apa yang ia lihat.

Ia juga mampu mengucapkan segala sesuatu dari apa yang ia dengar saat menjalani proses belajar. Apa yang ia dengar lihat, dan ia pelajari semasa disekolah akan menjadi suatu bekal semasa hidupnya.

Peran Penting dalam Belajar

Dalam melakukan proses belajar dan mengajar tentu saja dibutuhkan suatu sumber daya manusia yang menjadi pentransfer ilmu kepada peserta didiknya. Yah salah peran penting yang ada dalam kegiatan belajar mengajar adalh guru.

Guru merupakan sumber daya manusia yang telah memiliki kemampuan profesional dalam memahami sikap, sifat, serta metode yang cocok untu semua peserta didiknya. Dari guru peserta didik mampu memahami segala sesuatu yang ada karena adanya peran guru.

Setiap harinya guru melakukan interaksi pada peserta didiknya, oleh sebab itu semua peserta didik mampu berinteraksi dengan baik dengan lingkungan sosial. Karena peserta didik secara tidak langsung telah meniru apa yang telah dilakukan oleh bapak ibu gurunya.

Demikian artikel yang membahas tentang Kurikulum 2013, Pengertian Belajar, Peran Penting Dalam Belajar. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu memberikan wawasan untuk Anda.

 Artikel yang Terkait:

 

Kurikulum 2013 Disesuaikan Dengan Paradigma Belajar Pada Abad 21 | admin | 4.5

Leave a Reply