Kurikulum Pendidikan Karakter

Kurikulum Pendidikan Kurikulum Pendidikan Karakter Kurikulum Pendidikan Karakter Kurikulum Pendidikan Karakter

Kurikulum Pendidikan

Kurikulum Pendidikan~  Apa Itu Karakter? Mengapa Seorang Anak Butuh Pendidikan Karakter? Karakter apa yang perlu ditumbuhkan dan dibentuk dalam diri anak? Dalam artikel kali ini Tesis Pendidikan akan membahas sederet pertanyaan yang telah dipaparkan.

Dennis Coon dalam bukunya Introduction to Psychology :Exploration and Aplication mendefinisikan karakter sebagai :

Suatu penilaian subyektif terhadap kepribadian seseorang yang berkaitan dengan atribut kepribadian yang dapat atau tidak dapat diterima oleh masyarakat. Karakter adalah jawaban mutlak untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik didalam masyarakat.

Kepribadian yang kita punya saat ini merupakan hadiah dari tuhan yang sampai saat ini terasa bermanfaat fungsinya jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Keperibadian tersebut tentu saja memiliki kekurangan hingga kelebihan dalam aspek kehidupan sosial dan masing-masing pribadi. Kepribadin manusia sendiri dibagi menjadi empat bagian yaitu:

  1. Koleris
  2. Sanguinis
  3. Phlegmatis
  4. Melankolis.

Nah, lalu bagaimana letak karakter yang dimaksud ? karakter manusia akan muncul ketika ia mampu mengatasi serta memperbaiki segala kelemahannya. Dan dalam mengetasi hal tersebut seserang akan memunculkan sebuah kebiasaan positif yang baru.

Dengan kata lain setiap kepribadian akan memiliki cara yang berbeda-beda ketika menghadapi masalah. Karena pada dasarnya setiap karakter atau kepribadian seseorang memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Dalam hal ini mendidik karakter anak juga perlu dilakukan sebaik mungkin agar anak tersebut tumbuh dan berkembang sedemikian baiknya serta dapat memiliki kualitas yang baik. Ada tiga langkah mendidik anak, antara lain :

  1. Mengubah dasar-dasar lingkungan anak dengan menetapkan beberapa peraturan yang ada di rumah serta di sekolah.
  2. Memberikan segala pengetahuan tentang bagaimana ia berperilaku yang baik dalam kesehariannya.
  3. Jika mampu memberikan pengertian tentang bagaimana cara menata emosinya akan dijamin kelak anak mampu menetapkan diri dalam kehidupannya.

Dalam pendidikan karakter sendiri memiliki beberapa kurikulum yng digunakan untuk program pelaksanaan pendidikan karakter itu sendiri. Kurikulum dari program pendidikan karakter tersebut meliputi Training Guru, Program Kurikulum Pendidikan Karakter, Program Bimbingan Mental.

Pada Program Kurikulum Pendidikan Karakter diberikan suatu pengajaran yang lengakap serta detail dari aplikasi untuk sekolah serta materi untuk orang tua murid. Materi ini telah diuji coba lebih dari 5 tahun, disamping itu dalam program ini ada pendampingan dan training khusus untuk guru.

Training khusus yang diberikan untuk guru dikhususkan untuk menciptakan suksesnya pendidikan karakter karena mengingat guru merupakan komponen pendidikan yang sangat penting.  Guru akan memiliki “tools” untuk membantu menciptakan anak yang berkarakter lebih baik.

Demikian artikel yang membahas Pendidikan Karakter, Kepribadian Manusia, Kurikulum Pendidikan Karakter, Mendidik Karakter Anak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan acuan refrensi anda.

 

Incoming search terms:
Kurikulum Pendidikan Karakter | admin | 4.5

Leave a Reply