Masalah Pendidikan Di Indonesia

Masalah Pendidikan Masalah Pendidikan Di Indonesia Masalah Pendidikan Di Indonesia Masalah Pendidikan

Masalah Pendidikan

Masalah Pendidikan~ Pernahkah anda memperhatikan kondisi bahkan masalah yang ada seputar pendidikan? Mungkin sebagian orang tidak peduli dengan masalah pendidikan, hal ini disebabkan karena asumsi publik yang menyatakan bahwa masalah pendidikan adalah masalah pemerintah.

Saat ini yangs edang kita rasakan ialah ketertinggalannya mutu pendidikan dengan bangsa lain. Baik itu pendidikan formal maupun nonformal. Hal tersebut dapat dibandingakan dengan strandart mutu pendidikan yang ada pada negara lain.

Banyak dilihat pendidikan dipelosok desa yang semakin memprihatinkan keadannya dengan ketidak lengkapannya sumber daya yang digunakan untuk pelaksanaan pendidikan tersebut. Hal tersebut menimbulkan seatu pertanyaan, lalu sebenarnya apakah pemerintah hanya mengutamakan pendidikan yang ada di kota besar karena dianggap memiliki kualitas yang lebih baik dari segi manapun ?

Jika jawaban dari sebuah pertanyaan tersebut dibenarkan maka yang terjadi ialah pemunculan sebuah kata-kata yaitu sebuah kebodohan belaka. Jika banyak yang beranggapan bahwa pendidikan di kota memiliki kualitas yang baik itu semua masih belum dapat dibuktikan dengan semakin maraknya tawuran antar pelajar di wilayah kota-kota besar, terutama ibu kota.

Dalam hal ini sebenarnya penyebab rendahnya kualitas pendidikan yang ada di Indonesia ialah masalah keefektifan serta keefesiensian standart dari pengajaran itu sendiri. Hal ini juga berarti bahwa komponen yang ada dalam pendidikan juga berperan penting, slaah satunya tenaga pendidik.

Masalah-masalah lainnya yang dihadapi oleh dunia pendidikan Indonesia lainnya ialah rendahnya prestasi siswa. Dalam hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi siswa tersebut yang dapat berupa faktor lingkungan, sosial serta ekonomi.

Hal ini semakin terbukti dengan pemaparan yang dijabarkan langsung oleh UNESCO bahwa indeks prestasi manusia yang ada pada Indonesia makin menurun dan negara kita ini, negara yang kita sebut dengan negara yang memiliki cita-cita tinggi terhadap setiap anak bangsanya menduduki peringkat ke-109 di antara 174 negara di dunia.

Dengan sekian banyaknya rusaknya moral anak bangsa, pemerintah sudah mencoba untuk meperbaiki itu semua dengan melibatakan aspek Ketuhanan sebagai salah satu aspek  bahan ajaran pendidikan yang ada di Indonesia. Lewat kajian kerohanian seseorang akan mnegenal dengan bahwa tujuan agama ialah tidak hanya memintingkan kehidupan di dunia akan tetapi.

Pengembangan pikiran sebagian besar dilakukan di sekolah-sekolah atau perguruan-perguruan tinggi melalui bidang studi-bidang studi yang mereka pelajari. Pikiran para siswa/mahasiswa diasah melalui pemecahan soal-soal, pemecahan berbagai masalah, menganalisis sesuatu serta menyimpulkannya.

Dalam hal ini juga dapat dicarikan solusi tentang masalah masalah yang telah sebelumnya diuraiakan di atas ialah Rendahnya kualitas guru, misalnya, di samping diberi solusi peningkatan kesejahteraan, juga diberi solusi dengan membiayai guru melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan memberikan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas guru.

Rendahnya prestasi siswa, misalnya, diberi solusi dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas materi pelajaran, meningkatkan alat-alat peraga dan sarana-sarana pendidikan, dan sebagainya.

Demikian artikel yang membahas mengenai Masalah Pendidikan, Masalah Khusus Pendidikan, Solusi Masalah Pendidikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan acuan refrensi anda.

Artikel Yang Terkait:

Incoming search terms:
Masalah Pendidikan Di Indonesia | admin | 4.5

Leave a Reply