Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Dengan Metode Demonstrasi disertai Model Pemberian Tugas

Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Dengan Metode Demonstrasi disertai Model Pemberian Tugas Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa di SMA

Latar Belakang Masalah

Penanganan kesulitan belajar siswa dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara sehubungan dengan program pengajaran yang digunakan, diantaranya adalah dengan melalui pemberian tugas dengan metode yang berbeda dengan metode semula. Pemberian tugas pada siswa dapat berbentuk sejumlah pertanyaan mengenai materi pelajaran Fisika, membuat rangkuman bab, membuat makalah dan mengadakan observasi. Dengan melaksanakan tugas siswa menjadi aktif belajar, terangsang untuk meningkatkan belajar yang baik, memupuk inisiatif dan tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

Tugas yang diberikan oleh guru dapat dikerjakan secara mandiri (tugas individual) dan secara kelompok (tugas kelompok). Teknik pemberian tugas ini bertujuan agar siswa memiliki prestasi belajar yang optimal karena siswa melaksanakan latihan-latihan selama melaksanakan tugas, maka pengalaman siswa dalam mempelajari suatu pelajaran dapat lebih terasah. Dengan adanya pemberian tugas kelompok siswa diharapkan saling bertukar pengalaman yang tentunya setiap siswa memperoleh pengalaman yang berbeda pada saat mempelajari materi atau masalah yang diberikan oleh guru.

Penelitian terdahulu yang telah dilakukan oleh Puruhita W. P tentang pemberian tugas diperoleh kesimpulan bahwa pemberian tugas kelompok memberikan hasil yang lebih baik dari pada pemberian tugas individu. Pada penelitian tersebut digunakan metode eksperimen sebagai variabel penelitian dan pemberian tugas sebagai penyerta metode pengajaran.

Berdasarkan latar belakang masalah tentang konstruktivisme, Pemberian Tugas dan Kemampuan Matematika di SMA, maka akan dilakukan penelitian dengan judul: PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN METODE DEMONSTRASI DISERTAI MODEL PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA DI SMA.

B. Identifikasi Masalah

Identifikasi masalah penelitian:

  1. Kurangnya kesadaran bahwa kemampuan siswa dalam menerima pelajaran 
tidak sama karena tiap siswa mempunyai tingkat kesulitan belajar yang 
berbeda-beda.
  2. Belum optimalnya perhatian akan faktor-faktor keberhasilan belajar siswa yang 
dipengaruhi oleh banyak faktor, baik dari dalam diri (internal) maupun faktor 
lingkungan (eksternal).
  3. Penggunaan metode pembelajaran di sekolah belum efektif.
  4. Banyak pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran tetapi dalam 
penggunaannya belum optimal untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
  5. Metode demonstrasi disertai pemberian tugas dapat gunakan dalam proses 
belajar mengajar Fisika di sekolah.
  6. Masih banyak dijumpai siswa yang mengalami kesulitan belajar terutama 
dalam pelajaran eksakta belum mendapat penanganan yang efektif. Pembelajaran Fisika menggunakan Pendekatan Konstruktivisme dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

D. Perumusan Masalah

Rumusan masalah penelitian:

  1. Adakah perbedaan pengaruh antara pengajaran menggunakan pendekatan 
konstruktivisme dengan metode demonstrasi disertai tugas kelompok dan tugas 
individu terhadap kemampuan kognitif siswa?
  2. Adakah perbedaan pengaruh antara kemampuan Matematika siswa kategori 
tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa?
  3. Adakah interaksi pengaruh pengajaran melalui pendekatan konstruktivisme dengan metode demonstrasi disertai tugas dan kemampuan Matematika siswa 
terhadap kemampuan kognitif siswa?

E. Tujuan Penelitian 
Tujuan penelitian:

  1. Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengaruh antara penggunaan 
pendekatan konstruktivisme dengan metode demonstrasi disertai tugas 
kelompok dan tugas individu terhadap kemampuan kognitif siswa.
  2. Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengaruh antara kemampuan Matematika siswa kategori tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan 
kognitif siswa.
  3. Mengetahui ada atau tidaknya interaksi pengaruh antara pembelajaran melalui 
pendekatan konstruktivisme dengan metode demonstrasi disertai tugas dan kemampuan Matematika siswa terhadap kemampuan kognitif siswa.
Incoming search terms:
Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Dengan Metode Demonstrasi disertai Model Pemberian Tugas | tesis pendidikan | 4.5

Leave a Reply