Pembelajaran Outdoor Sebagai Antusiasme Belajar  

Outdoor Learning Pembelajaran Outdoor Sebagai Antusiasme Belajar   Pembelajaran Outdoor Sebagai Antusiasme Belajar   Outdoor LearningSemangat Belajar ~ Kendala yang dialami oleh berbagai dunia pendidikan ialah, maraknya kata malas yang diucapkan oleh siswa pada saat melakukan kegiatan belajar mengajar. hal tersebut tentu saja sangat mempengaruhi nilai dan hasil dari belajar siswa.

Akan tetapi pada saat ini tidak perlu khawatir lagi dengan adanya perkembangan yang dilakukan dalm duni pendidikan tetu saja membawa dampak positif bagi kegiatan belajar mengajar. Sehingga dengan adanya perubahan kurikulum 2013 yang berlaku saat ini akan menjadi tombak tercipatanya bangsa yang berkualitas.

Seperti yang telah dipaparkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, Mohammad Nuh meminta agar para guru mengubah kebiasaannya itu pada kurikulum baru mendatang. Ia memparkan bahwa belajar tidak selalu dilakukan di dalam kelas.

Objek yang ada dalam kurikulum 2013 lebih mengacu pada fenomena alam, fenomena sosial, serta seni dan budaya. Oleh sebab itu, Kemendikbud menyarankan agar anak didik sesekali waktu harus belajar berada diluar ruangan.

Jika peserta didik mengerti sejak dini menganai berbagai fenomena yang telah dijadikan objek tentu saja akan memunculkan kesadaran sejak dini yang pada akhirnya akan mencegegah segala kerusakan yang ada di alam ini. Misalnya saja, tidak mebuang sampah sembarangan.

Dalam pembelajaran yang dilakukan diluar ruangan atau outdoor ini pada ahirnya guru dapat menanyakan berbagai hal yang berhubungan dengan mata pelajran yang ada. Misalnya saja menanyakan apa yang menjadi laasan matahari terbit dari Timur, fungsi matahari utuk kehidupan dan masih bayak lagi.

Dalam hal ini kativitas yang terjadi diluar ruangan memberikan manfaat khusus terhadap tumbuh kembang anak didik tersebut. Aktivitas yang cukup mampu membkar kalori yang dimiliki anak secara berlebihan tentu saja akan mencegah yang namanya obesitas.

Pembelajarandi Luar Kelas

Saat ini belum banyak guru yang menerapkan pembelajaran di luar kelas ( outdoor learning ). Banyak sekolah yang berfokus pada pembelajaran di dalam kelas ( indoor learning). Ahmad Saeifudin menyatakan “Bagi sebagian guru, indoor learning tak bisa ditawar – tawar. Padahal, ia memiliki banyak kelemahan, yakni sangat potensial membuat siswa jenuh, apalagi jika pelajaran itu kurang diminati”.

Siswa ditunjukkan relevansi pelajaran tersebut dengan konteks keseharian dalam kehidupan nyata. Siswa dibawa ke lingkungan sekitar sehingga dapat ditanamkan esensi, urgensi, dan relevansi pelajaran tersebut dengan kehidupan nyata. Dengan demikian siswa memperoleh pengalaman belajar secara komprehensif.

Di Indonesia yang mulai menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi, pembelajaran di luar kelas tepat untuk dikembangkan. Tenaga kependidikan terutama guru, perlu mengembangkan inisiatif, kreativiatas dan usaha untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Guru harus mampu mencermati dan memanfaatkan sumber- sumber belajar yang ada di dalam sekolah dan di luar sekolah.

Antusiasme Belajar

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonsia antusiasme diartikan sebagai gairah, minat besar, gelora, semangat. Jadi antusiasme mengandung unsur semangat dan minat yang besar dalam melakukan kegiatan belajar.

Nurdin Ibrahim mengatakan  “Sikap antusias dan keingintahuan siswa bisa terjadi melalui kontak pribadi antara guru dan siswa atau tutorial. Bila sikap tersebut muncul, hal itu akan memungkinkan seseorang memperoleh hasil belajar yang baik”.

Antusiasme belajar merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran. Antusiasme belajar mendorong siswa untuk memperhatikan materi yang ia pelajari dengan perasaan senang karena berhubungan dengan kebutuhan dan keinginan dirinya.Sikap tersebut mempengaruhi kualitas proses belajar sehingga turut menentukan hasil belajar yang dicapai oleh siswa.

Demikian artikel yang membahas mengenai Semangat Pendidikan, Antusiasme Belajar, Kurikulum 2013, Obyek Kurikulum 2013, Pembelajaran Di Luar Kelas. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu memberikan wawasan untuk Anda.

Artikel yang Terkait:

Incoming search terms:
Pembelajaran Outdoor Sebagai Antusiasme Belajar   | admin | 4.5

Leave a Reply