Penilaian kurikulum pendidikan 2013 dengan KTSP

Kurikulum Pendidikan Penilaian kurikulum pendidikan 2013 dengan KTSP Penilaian kurikulum pendidikan 2013 dengan KTSP Kurikulum Pendidikan

Kurikulum BaruAda hal yang aneh ketika mendapati akan penerapan sebuah kurikulum baru di dunia pendidikan. Yah kurikulum tersebut adalah kurikulum 2013. Hal aneh tersebut dapat berupa peleburan ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial.

Selain itu penerapan serta perencanaan kurikulum 2013 terkesan tergesa-gesa hal tersebut dibuktikan dengan banyak penuturan bahwa kerancuan yang terjadi diberbagai lembaga pendidikan yang berupa ketidaktersedianya buku pedoman pendamping membuat sejumlah guru merasa bingung.

Mereka banyak menuturkan “katanya kurikulum sudah akan dimulai, tapi sampai sekarang tidak ada instruksi yang jelas”.

Pada dasarnya kurikulum terbaru 2013, semua ilmu pengetahuan akan dileburkan menjadi satu dengan ilmu pengetahuan yang lainnya. Bahkan nanti jika pelaksanaan secara resmi dilakukan, di SD tidak akan ada mata pelajaran IPA atau IPS akan tetapi menjadi mata pelajaran tematik integratif.

Jika hal tersebut terjadi Disekolah Dasar tentu saja hal yang sama akan terjadi di Sekolah Menengah Atas. Dalam SMA tidaka akan lagi dibagi menjadi sub jurusan yang berbeda yaitu IPA, IPS, dan Bahasa, akan tetapi mereka berhak memilih kelas layaknya mahasiswa yang ada diperguruan tinggi. Lantas apa nanti akan berjalan efektif ?

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah bentuk yang ada dari suatu sistem pendidikan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan potensi peserta didik.  KTSP disusun bersama-sama oleh guru, komite sekolah / pengurus yayasan, konselor (BK) dan narasumber yang disupervisi oleh dinas pendidikan. KTSP ditandatangani oleh kepala sekolah, komite sekolah, dan kepala dinas pendidikan. KTSP disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada standar isi atau SI  dan standar kelulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh BSNP. Penyusunan KTSP juga harus mengikuti ketentuan lain yang menyangkut kurikulum dalam Undang-undang No. 20/2003 dan PP 19/2005.

Prinsip-prinsip Pengembangan KTSP 2006. 25 

Adapun prinsip yang digunakan sebagai acuan pengembangan KTSP, meliputi:

  1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
  2. Beragam dan terpadu.
  3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu  pengetahuan dan teknologi.
  4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
  5. Menyeluruh dan berkesinambungan.
  6. Belajar sepanjang hayat.
  7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

Demikian artikel yang membahasa mengenai Penilaian Kurikulum 2013, Pengertian Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Prinsip-Prinsip Pengembangan KTSP. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu menambah luas wawasan Anda.

Artikel yang Terkait:

Incoming search terms:
Penilaian kurikulum pendidikan 2013 dengan KTSP | admin | 4.5

Leave a Reply