Pentingnya Pendidikan Karakter

Pentingnya Pendidikan Pentingnya Pendidikan Karakter Pentingnya Pendidikan Karakter Pendidikan tinggi

Pentingnya Pendidikan

Pentingnya Pendidikan~  Kini setelah mengetahui banyak  fakta mengenai pelanggaran moral , apa yang ada dipikran anda? Cobalah melihat lebih ke atas sedikit, lebih tepatnya judul artikel ini. Yah, pada zaman globaisasi ini banyak sekali pihak terutama anak didik yang selalu menomorduakan kebaikan moral, bahkan mengabaikan aturan moral yang ada.

Dalam memberikan pendidikan karakter tidak hanya di dapat dalam lembaga pendidikan saja akan tetapi dalam lingkungan sosial serta masyarakat Bahkan sekarang ini peserta pendidikan karakter bukan lagi anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Terang saja perlu untuk kelangsungan hidup Bangsa ini.

Bayangkan persaingan yang terjadi pada tahun yang akan datang ? jelas saya kalau kita tidak mempersiapkan diri dengan baik kita akan tertinggal jauh dengan bangsa lainnya. Tuntutan pada tahun yang akan datang merupakan tuntutan yang memang harus disiapkan dengan baik yaitu tentang kualitas sumber daya manusia yang berkualitas.

Dari ulasan di atas, Tesis Pendidikan dalam artikel kali ini tertarik untuk membahas seputar pentingnya pendidikan karakter, yang penulis berharap dari artikel kali ini akan menambah wawasan anda.

Karakter sendiri dapat diartikan sebagai ciri khas dari seseorang, gambaran dari orang tersebut. Karakter yang dimiliki oleh seseorang bisa memberikan gambaran kepada kita tentang kepribadian orang tersebut.

Tak terkecuali dengan karakter bangsa, karakter bangsa sendiri memilki artian yaitu keseluruhan sifat yang dimiliki oleh suatu bangsa yang sifat tersebut meliputi perilaku, kebiasaan, kesukaan, kemampuan, bakat, potensi, serta nilai-nilai yang ada.

Melalui pendidikan inilah karakter bangsa diharapkan mampu dikembangkan secara potensial dan memiliki kualitas karakter yang dapat dikatakan sebagai kualitas bangsa. Oleh sebab itu sebagai anak bangsa yang baik sudah sepatutnya kita semua memanfaatkan pendidikan dan mengamalkannya dengan sebaik-baiknya.

Segenap upaya harus dilakukan demi kelancaran sebuah pendidikan karakter yang menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Hal itu tentunya membutuhkan campur tangan pemerintahan yang harus ikut andil dan berperan aktif dalam hal tersebut.

Sebagai bukti bahwa pemerintah telah ikut berperan aktif, dibuktikan dalam Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional yang berbunyi:

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Sesuai dengan fungsi pendidikan nasional, pendidikan karakter dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Potensi pendidikan karakter berfungsi membentuk dan mengembangkan potensi manusia atau warga Negara Indonesia agar berpikiran baik, berhati baik, dan berperilaku baik sesuai dengan falsafah hidup Pancasila

Demikian artikel yang membahas mengenai Pentingnya Pendidikan Karakter, Bentuk Turunnya Pendidikan Karakter, Fungsu Pendidikan Karakter. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan acuan untuk anda.

Artikel Yang Terkait:

 

Incoming search terms:
Pentingnya Pendidikan Karakter | admin | 4.5

Leave a Reply