Peran Teknologi Dalam Pendidikan

Peran Teknologi Peran Teknologi Dalam Pendidikan Peran Teknologi Dalam Pendidikan Peran teknologi

Peran Teknologi

Peran Teknologi~ Dengan semakin maraknya teknologi yang mengihasi dunia pendidikan, terlahir berbagai asumsi yang salah satunya menyebutkan bahwa teknologi hanya sebuah mesin yang membantu untuk kehidupan sehari-hari jika dibutuhkan.

Akan tetapi teknologi pendidikan yang notabanenya sendiri merupakan sebuah teknologi yang menjadi penyeimbang pelaksanaan teknologi juga melahirkan berbagai asumsi dari berbagai pihak. Secara umum menyatakan bahwa teknologi pendidikan merupakan sesuatu alat yang membantu  pelaksanaan pendidikan.

Padahal jika ditelusuri dengan baik teknologi pendidikan merupakan perpaduan dari unsur manusia, mesin, ide, prosedur, dan pengelolaannya kemudian pengertian tersebut akan lebih jelas dengan pengertian bahwa pada hakikatnya teknologi adalah penerapan dari ilmu atau pengetahuan lain yang terorganisir ke dalam tugas-tugas praktis

Adanya teknologi saat ini harus disikapi baik oleh dunia pendidikan hal tersebut mengingat efektivitas dan efisiensi dan teknologi tidak dapat dipisahkan dari masalah, sebab teknologi lahir dan dikembangkan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh manusia.

Teknologi pendidikan merupakan sesuatu yang abstrak jika dilihat dari prosesnya. Dalam hal ini teknologi pendidikan harus bisa dipahami ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan untuk mengatasi permasalahan,melaksanakan,menilai, dan mengelola pemecahan masalah tersebut yang mencakup semua aspek belajar manusia.

Sejalan dengan hal tersebut, maka lahirnya teknologi pendidikan lahir dari adanya permasalahan dalam pendidikan.Permasalahan pendidikan yang mencuat saat ini, meliputi pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, peningkatan mutu / kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan.

Permasalahan serius yang masih dirasakan oleh pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi adalah masalah kualitas, tentu saja ini dapat di pecahkan melalui pendekatan teknologipendidikan.

Dalam teknologi pendidikan sendiri memiliki tiga prinsip yang dijadiakn sebagai acuan pengembangan serta pemanfaatan yaitu pendekatan sistem, berorientasi pada mahasiswa, serta pemanfaatan sumber belajar.

Dalam hal ini juga akan melahirkan sebuah pemikiran modernisasi pendidikan yang dapat dirumuskan kedalam tiga rumusan yaitu :

  1. bagaimana kita belajar (how people learn);
  2. apa yang kita pelajari (what people learn); dan
  3. kapan dan dimana kita belajar (where and when people learn).

Sedangkan bahan ajar yang ada dalam pendidikan teknologi dikembangkan atas dasar yang memiliki kespesifikannya dalam pokok-pokok bahasan yang meliputi pokok bahasan essensial dan representatif untuk dijadikan objek belajar bagi pencapaian tujuan pendidikan.

Selain pokok bahasan essensial dan representatif  yang digunakan sebagai bahan ajar pokok bahasan,konsep, serta prinsip atau mode of inquery sebagai objek belajar yang memungkinkan peserta didik dapat mengembangkan dan memiliki hubungan untuk berkembang, mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkugan, dan memanfaatkannya untuk memecahkan masalah-masalah yang tidak teramalkan.

Demikian artikel yang membahas mengenai Peran Teknologi Pendidikan, Modernisasi Pendidikan, Bahan Ajar Pendidikan Teknologi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Artikel Yang Terkait:

Incoming search terms:
Peran Teknologi Dalam Pendidikan | admin | 4.5

Leave a Reply