Strategi Pembelajaran IPS

Tesis Pendidikan~Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar IPS Sejarah Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa SD Negeri Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus  Tahun Pelajaran 2008/2009 (Studi Eksperimen Pada SD N 1 Kuwukan Dan Sd N 4 Cranggang)

Pembelajaran IPS Strategi Pembelajaran IPS  Strategi Pembelajaran IPS Pembelajaran Ips2

A. Latar Belakang Masalah

Sekolah Dasar (SD) sebagai salah satu lembaga pendidikan formal dan berjenjang pada tingkat pendidikan dasar, cukup strategis dalam mewujudkan amanat pemerintah di bidang pendidikan. Pelaksanaan aspirasi tersebut tertuang dalam pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar yang menyatakan bahwa, Pendidikan Dasar bertujuan memberi bekal kemampuan dasar kepada siswa untuk mengembangkan kehidupan sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan anggota umat manusia serta mempersiapkan siswa untuk mengikuti pendidikan menengah (Depdiknas, 1994 : 3).

Permasalahan di bidang  pendidikan yang dihadapi adalah berlangsungnya pendidikan yang kurang bermakna bagi pengembangan pribadi dan watak siswa, yang berakibat hilangnya kepribadian dan kesadaran akan makna hakiki kehidupan. Mata pelajaran yang berorientasi akhlak dan moralitas serta  pendidikan agama kurang diberikan dalam bentuk latihan-latihan pengalaman untuk menjadi corak kehidupan sehari-hari (GBHN 2002 : 12). Rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa disebabkan oleh berbagai faktor dari dalam siswa sebagai pebelajar dan faktor lingkungan. Faktor lingkungan terutama lingkungan sekolah yaitu proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang berkualitas dapat mempengaruhi, dalam arti meningkatkan prestasi belajar siswa. Sesuai yang dikemukakan oleh Nana Sudjana, (2004 : 40) bahwa kedua faktor tersebut (kemampuan siswa dan kualitas pembelajaran) mempunyai hubungan yang lurus dengan hasil belajar siswa. Artinya semakin tinggi kemampuan siswa dan kualitas pembelajaran, semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai siswa. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran demi tercapainya tujuan pendidikan, guru menempati posisi yang sangat penting.

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan masalah pokok yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah:

  1. Adakah perbedaan pengaruh antara strategi pembelajaran  terhadap prestasi belajar IPS sejarah siswa SD Negeri Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus?
  2. Adakah perbedaan pengaruh antara kreativitas belajar pada kategori tinggi dan kreativitas belajar pada kategori rendah terhadap prestasi belajar IPS sejarah siswa SD Negeri Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus?
  3. Adakah pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas belajar dengan prestasi belajar IPS Sejarah siswa SD Negeri  Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus ?

C. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

  1. Adanya pengaruh antara strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS sejarah siswa SD Negeri Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus.
  2. Adanya pengaruh antara kreativitas belajar pada kategori tinggi dan kreativitas belajar pada kategori rendah terhadap prestasi belajar IPS sejarah siswa SD Negeri Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus.
  3. Adanya prngaruh  interaksi antara strategi pembelajaran dan keativitas belajar  dengan prestasi belajar IPS sejarah siswa   SD Negeri Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus.

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan:

  1. Ada pengaruh strategi pembelajaran kooperatif dan individual terhadap prestasi belajar IPS Sejarah. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif prestasi belajar siswa lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran individual, karena dalam penerapan strategi pembelajaran kooperatif siswa dilatih untuk saling bekerjasama memecahkan masalah yang dihadapi sehingga dapat saling bertukar pendapat danbertukar pengalaman dalam menghadapi hal-hal tertentu.
  2. Ada pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Sejarah. Kreativitas dalam belajar sangatlah penting dimiliki siswa, karena dengan kreativitas yang tinggi siswa akan dapat berinovasi dalam belajar, mencoba sesuatu yang pada akhirnya diharapkan akan memunculkan ide-ide yang baru yang akan mempermudah siswa dalam menerapkan cara belajar yang paling efektif bagi dirinya.
  3. Ada pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Sejarah. Prestasi belajar siswa sedikit banyak tergantung dari cara guru dalam mengelola kelas, dengan penerapan strategi.

Artikel yang Terkait:

Incoming search terms:
Strategi Pembelajaran IPS | admin | 4.5

Leave a Reply